JANGAN SIA-SIAKAN HIDUPMU DENGAN NARKOBA... JANGAN BERLAKU BODOH... STOP !!! SEKARANG JUGA

Selasa, 09 April 2013

Belajar dan Pembelajaran

PENDAHULUAN
Masih ada sebahagian mahasiswa dan juga para guru yang kesulitan membedakan antara Belajar dan Pembelajaran. Secara teori antara belajar dan pembelajaran mungkin tidak terlalu sulit membedakannya, tetapi bagaimana jika dilihat dalam proses pembelajaran tentu ini membutuhkan kecermatan untuk membedakannya. Jika bangsa Indonesia lebih mengedepankan pendidikan character building yang humanis, artinya apakah ini dikatakan pembelajaran atau belajar.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU 20/2003) menegaskan bahwa pendidikan tidak hanya bertumpu pada kemampuan intelektual semata, tetapi
bagaimana pengetahuan itu dapat dipergunakan peserta didik untuk menjawab persoalan-persoalan yang dihadapinya, dengan kata lain pendidikan yang diselenggarakan haruslah bermakna. Konsep pendidikan bermakna ini apakah dikatakan belajar atau pembelajaran.
Rasanya menarik untuk memperdebatkan (bukan debatable) istilah "Belajar" dan "Pembelajaran" bukan apa-apa tetapi sekedar untuk mengasah kemampuan berpikir agar sebagai calon ataupun pendidik bisa lebih jernih melihat persoalan pendidikan yang sangat kompleks ini, dan terpenting sebagai calon guru dan guru bisa membawa pendidikan kearah yang lebih profesional sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komen nya...