JANGAN SIA-SIAKAN HIDUPMU DENGAN NARKOBA... JANGAN BERLAKU BODOH... STOP !!! SEKARANG JUGA

Rabu, 17 April 2013

Pembelajaran dengan Moodle

Satu hal yang membuat kita prihatin saat ini disatu sisi penguasaan teknologi khususnya komputer dan internet, kebanyakan siswa lebih pintar ketimbang gurunya tetapi disisi lain kondisi ini sebenarnya amat menggembirakan jika saja guru mau sedikit berimprovisasi mendesain pembelajarannya dengan memanfaatkan kemampuan siswanya. Dengan kemampuan browsing yang sudah dimiliki siswa itu artinya guru tidak perlu bersusah payah
secara full time menjejali siswanya dengan pengetahuan-pengetahuan yang memang harus dikuasai siswa, biarkan siswa menemukan pengetahuannya sendiri, mengkonstruksi pengetahuan yang didapatnya dari hasil browsing, membangun hipotesis sendiri dan menggeneralkan pengetahuan yang sudah dibangunnya untuk menjawab hipotesis yang dirumuskan, tugas guru hanya memfasilitasi agar proses discovery, konstruksi pengetahuan, menyusun hipotesis dan menggeneralkan pengetahuan dapat berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan guru.

Salah satu strategi yang dapat dipergunakan guru untuk proses pembelajaran mandiri, adalah mendesain pembelajaran berbasis internet atau web (distance learning). Di dalam mendesain pembelajaran model ini ada banyak software yang dapat dipergunakan untuk pembelajaran berbasis web, yang umum adalah dengan memanfaatkan "blog"., bahkan dengan sedikit kreativitas saja situs jejaring sosial yang paling banyak digandrungi anak-anak muda seperti "facebook" dapat dijadikan media pembelajaran berbasis web. 

Dari sekian banyak program yang bisa dipergunakan. Moodle merupakan program aplikasi yang paling lengkap dan fleksibel untuk membangun pembelajaran berbasis web (e-learning), bahkan di dalam situsnya sendiri (www.moodle.org) ditegaskan moodle sangat mudah dipelajari, saking mudahnya asalkan guru sudah bisa browsing dan menggerakkan mouse maka praktis ia dapat menguasai moodle.

Sekedar untuk membantu para guru, dosen, instruktur, calon guru atau siapa saja yang berminat untuk membangun e-learning dipersilahkan untuk men-download  panduan membangun e-learning dengan moodle:
  1. Petunjuk Praktis Membangun Moodle untuk Guru,Instruktur, unduh
  2. Petunjuk Praktis Menjalankan Moodle untuk siswa atau peserta belajar. unduh
  3. Jangan lupa Software pendukung jika moodle ingin di instal di server local wajib untuk di download:  xamp dan moodle
Disarankan jika ingin mendapatkan lebih banyak lagi panduan membangun  e-learning dengan moodle, silahkan mengunjungi situs induknya http://www.moodle.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komen nya...