JANGAN SIA-SIAKAN HIDUPMU DENGAN NARKOBA... JANGAN BERLAKU BODOH... STOP !!! SEKARANG JUGA

Jumat, 20 Desember 2013

OBROL SANTAI

Dalam satu kesempatan ada siswa saya bertanya, ".. dengan semangat kekeluargaan dan kegotong royongan yang dimiliki bangsa Indonesia, hampir dipastikan KKN (kolusi, korupsi dan nepotisme) tidak mungkin dapat dihilangkan dari bumi Indonesia ???. Menghadapi pertanyaan seperti ini ada persepsi maraknya KKN yang tumbuh subur di bumi Indonesia mental kekeluargaan dan kegotong-royongan inilah yang perlu dijadikan tersngka. Bagaimana tidak, oleh karena semangat kekeluargaan dan kegotong-royongan maka kemudian timbulah perbuatan kolusi yang akhirnya menjurus ke perbuatan korupsi.
Mengkambinghitamkan sipat mental dan ciri khas bangsa Indonesia yang memang sudah berurat akar sejak lama sepertinya bukanlah pemikiran yang cerdas. Sedikit berteori adanya banyak faktor yang membuat orang berbuat demikian tetapi faktor dominan NIAT dan KESEMPATAN yang menjadi biang kerok.
Berbicara niat dan kesempatan ujung-ujungnya kembali kemental orang kita yaitu tadi KEKELUARGAAN DAN GOTONG ROYONG. Kok kayak ayam dengan telur aja ya kira-kira begitulah sama halnya pemberantasan korupsi di negeri ini mau dimulai dari mana juga bingung soalnya semua udah pada korupsi eh.. maksudya kecenderungan untuk menyalah gunakan kepercayaan yang diberikan. Liat tuh anak-anak kita kalo ulangan pada nyontek itu dah bibit-bibit korupsi....pusiiiiiiing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komen nya...